Kamis, 21 Oktober 2021

Apa yang Membuat Mobil Mewah Begitu Mahal

Jawaban singkatnya: Mobil mewah lebih mahal karena volume produksinya yang terbatas.

Jawabannya panjang...

Banyak orang percaya bahwa mobil mewah harganya lebih mahal daripada mobil biasa karena suku cadangnya yang berkualitas tinggi, pilihannya yang lebih besar dan lebih baik, karena dibuat dari bahan yang lebih mahal, dll. Ini hanya sebagian yang benar.


Sarung jok kulit alami, misalnya, harganya lebih mahal daripada yang terbuat dari kain atau vinil...tapi bukan berarti perbedaan harganya luar biasa. Hal yang sama berlaku untuk fitur mewah seperti kursi berpemanas dan roda kemudi, semua atap kaca, dll.


Sekarang Jim berbicara tentang paket mewah untuk truk pikap yang harganya bisa mencapai $70.000, tetapi jenis kendaraannya tidak ada bedanya. Bukannya BMW menggunakan kelas kulit yang sama sekali berbeda dari yang digunakan Ford di Platinum F-150 mereka, atau interior Lexus baru memiliki sesuatu di interior GMC Denali baru (serius, sudahkah Anda memeriksa truk ini? itu konyol).


Biaya tambahan fitur mewah membantu menjelaskan mengapa produsen akan menawarkannya pada mobil ekonomi. Honda menawarkan interior kulit dan navigasi pada Fit entry-level mereka, misalnya, karena hal itu sangat menguntungkan. Setiap pelanggan yang membayar tambahan $3k untuk Fit EX-L meningkatkan keuntungan keseluruhan Honda pada model tersebut, karena setidaknya setengah dari premi itu adalah keuntungan murni.


Alasan utama mengapa sesuatu seperti Range Rover atau SL500 sangat mahal adalah volume produksi. Mobil sangat mahal untuk dirancang dan dikembangkan. Pembuat mobil sering menghabiskan ratusan juta dolar (kadang-kadang miliaran) merancang dan mengembangkan kendaraan dari bawah ke atas.


Kemudian, selain biaya desain dan pengembangan yang tinggi, ada juga masalah perkakas dan konfigurasi pabrik, pelatihan pekerja lini perakitan, pembaruan robotika yang mengelola berbagai bagian proses perakitan, dll.


Toyota, misalnya, menghabiskan lebih dari $2 miliar untuk mengembangkan truk pikap Tundra mereka, setidaknya jika Anda menghitung biaya pabrik yang mereka bangun untuk truk di San Antonio.


Biaya ini harus diamortisasi di setiap kendaraan yang dijual. Akibatnya, kendaraan produksi terbatas mutlak harus lebih mahal daripada kendaraan produksi massal. Jika Anda mengambil $1 miliar dolar dalam biaya pengembangan produk, misalnya, dan menyebarkannya ke seluruh model kendaraan yang menjual sekitar 10.000 unit per tahun selama 5 tahun, Anda mencari $20.000 per mobil hanya untuk impas (mengabaikan nilai waktu dari uang dan ekspektasi ROI yang ditetapkan oleh pembuat mobil).


Belum lagi, Anda masih harus benar-benar membeli semua suku cadang dan menyatukannya di pabrik! Anda menghabiskan $ 20k di lubang bahkan sebelum Anda berpikir untuk mulai membangun mobil ... dan itu mengasumsikan Anda akan mencapai proyeksi penjualan Anda (yang tidak pernah dijamin).


Ringkasnya, matematikanya cukup sederhana setelah Anda memahami faktanya.


Model kendaraan individu seringkali menghabiskan biaya ratusan juta dolar untuk dikembangkan, tidak termasuk biaya mendirikan pabrik, mempekerjakan pekerja perakitan, dll. Total biayanya dengan mudah 1 miliar per kendaraan, seringkali lebih.

Biaya ini harus diamortisasi di setiap model yang dijual.

Jika model tersebut dijual dalam volume yang sangat rendah (misalnya, 10.000 unit per tahun), sebagian besar dari harga jual digunakan untuk menutupi biaya pengembangan.

Jika model tersebut dijual dalam volume yang sangat tinggi (katakanlah, 300 ribu unit per tahun), biaya pengembangan yang diamortisasi per kendaraan kecil... itulah sebabnya truk F-series, Toyota Camry, Honda Civic, dan model populer lainnya sangat mahal. "murah" (relatif berbicara).

Sementara biaya membangun mobil dengan pilihan dan fitur mewah lebih tinggi daripada membangun mobil tanpa fitur mewah, perbedaan biayanya kecil.

Pada dasarnya, mobil mewah lebih mahal karena Anda membayar untuk eksklusivitas. Semakin eksklusif (lebih sedikit model yang terjual) mobil, semakin banyak produsen mobil yang harus membebankan biaya desain, pengembangan, dan perakitan kepada setiap pembeli.


P.S. Sekarang setelah Anda mengetahui cara kerjanya, Anda memahami mengapa semua pembuat mobil mengejar volume penjualan. Semakin mereka dapat meningkatkan penjualan, semakin rendah biaya efektif per kendaraan yang terjual.


link terkait:

https://www.facebook.com/groups/393394442340888

https://www.facebook.com/groups/355842226240679

https://www.facebook.com/groups/1024091121680241

https://www.facebook.com/groups/323522992672361

https://web.facebook.com/groups/1014498065788700

https://www.facebook.com/groups/591238315535681



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tips terbaik cara jual rumah cepat

 Baik Anda menjual di pasar pembeli atau penjual, dasar-dasar cara menjual rumah Anda tidak berubah. Pembeli akan paling tertarik dengan rum...